Limbah Produksi Sandal Menjadi Berharga di Tangan Adang


SUARABERITAINDONESIA.COM, BOGOR - Berawal dari banyaknya sisa limbah hasil pembuatan sandal ( hand Made ) yang berupa potongan potongan kecil Karet dan kulit imitasi , untuk di olah dan  manfaatan  menjadi  aksesoris atau souvenir berupa gantungan kunci berbentuk sandal mini.

Adang salah satu warga kampung Pulosari ( Pulo Ugan )  RT 04/04 desa Pabuaran Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor,yang semula membuka usaha membuat sandal ( Hand Made )  pria ataupun sandal wanita,terbersit ide untuk mengolah limbah hasil produksi nya  untuk bahan membuat beberapa jenis assoseris gantungan kunci ,

Berbagai jenis atau model gantungan Kunci yang berbentuk sandal mini tersebut,bisa di produksi dalam  sehari menghasilkan  sekitar 10 - 15 buah gantungan kunci, semua dilakukan sendiri secara manual 

Saat ini Adang baru memasarkan produk tersebut di sekitaran tempat tinggal nya terkadang ada juga yang memang sengaja memesan untuk cindera mata di acara pernikahan ataupun khitanan.

Saat di temui awak media (Minggu, 15/05/2022 ) Adang menuturkan kalau usaha sampingan ini ( gantungan kunci / Red.) tidak menjadi  usaha Inti nya ,karena pesanan sampai saat ini lebih cenderung dan  lebih banyak ke gantungan kunci dari pada  pemesan sandal,akhirnya Adang lebih terkonsentrasi untuk menjadikan usaha gantungan kunci menjadi usaha utamanya juga.

 Adang baru memasarkan produk tersebut di sekitaran tempat tinggal nya terkadang ada juga yang memang sengaja memesan untuk cindera mata / Souvenir  untuk  acara pernikahan ataupun khitanan.

Harga satuan dari assoseris /souvenir gantungan kunci ini di banderol Rp.3000,- adapun bila pelangan Mau bentuk lain dengan ukuran berbeda.masalah Harga bisa di negosiasikan .


Di tempat terpisah, Kepala desa Pabuaran, Ayoh Yohana mengungkapkan juga rasa senang dan simpati nya terhadap   masyarakat desa nya yang benar benar Kreatif dan inovatif, apalagi sampai bisa menyedot tenaga kerja, sehingga tingkat  pengangguran bisa di tekan dan secara otomatis masyarakat di wilayah terhindar dari keterpurukan ekonomi.

Saya akan tetap  mensupport sepenuhnya bilamana warga saya memang bisa membuat suatu terobosan yang berujung untuk meningkatkan penghasilan baik untuk pribadi ataupun untuk masyarakat luas.

mungkin kalau ke depan nya nanti usaha  gantungan kunci ini semakin besar dan menjadikan sentral produksi,saya sebagai kepala desa pastinya akan memberi dukungan  penuh untuk kemajuan dan untuk perkembangan yang lebih baik,ungkap Ayoh Yohana.

Achmad H.)

Posting Komentar untuk "Limbah Produksi Sandal Menjadi Berharga di Tangan Adang"