Ely Vebriyanti, Sidang Promosi Terbuka Program Doktor

 

Ely Vebriyanti ( kedua dari kiri / Jas Biru )

SUARABERITAINDONESIA.COM, BOGOR - Kajian Penggunaan Mikroorganisma local dalam pembuatan biourin dan Aplikasinya  adalah salah seorang Dosen pada Departemen Teknologi Hasil Ternak di Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang, lahir di Padang, 11 Februari 1979,  Dr.Ely Vebriyanti, S.Pt, M.P

menjalani ujian promosi dengan hasil penelitian disertasi di IPB University dengan Judul “Kajian Penggunaan mikroorganisme Lokal dalam Pembuatan Biourin dan Aplikasinya”, Selasa, 2/8/2022

Penelitian yang diangkat dari limbah hasil ternak yang biasanya dibuang begitu saja dan mendatangkan pencemaran lingkungan.

Penelitian ini dibawah bimbingan Dosen-dosen yang ahli dibidangnya masing-masing diantaranya yaitu Ibu Prof. Dr. Ir. Irma Isnafia Arief, S. Pt., M.Si sebagai ketua komisi. Kemudian Bapak Dr. Ir. Salundik, M.Si dan Ibu Prof. Dr. Ir. Panca Dewi MHK, M.Si masing-masing sebagai anggota komisi. 

Penelitian yang dilakukan di Laboratorium Limbah IPTP Fapet IPB University,  Saraswati Indo Geneteech Bogor.

dalam penelitian ini dimaksud adalah pemanfaatan limbah hasil ternak dan limbah tomat, hal yang sangat mudah untuk mendapatkan kedua macam limbah ini sehingga di yakini akan begitu mudah mendapatkan jenis limbah ini dan mengolahnya menjadi bernilai ekonomis. Namun tidak tetutup kemungkinan bisa dari sumber limbah lain dengan syarat banyak mengandung air.

Proses pembuatan dari biourin ini tidaklah begitu sulit, dengan melakukan threatmen dan sedikit sentuhan teknologi maka limbah yang biasanya dibuang dapat diberdayakan dan di manfaatkan dan bernilai ekonomis tinggi serta mendatangkan keuntungan bagi pelaku usaha ternak.

Penggunaan pupuk organik dalam setiap kegiatan pertanian akan membawa dampak yang lebih baik dalam hal segi struktur tanah yang semakin lama akan menjadi semakin subur. Selain itu, penggunaan pupuk organik juga akan membuat produk pertanian pangan yang dihasilkan cenderung lebih aman untuk dikonsumsi.

( M.Jamil )

Posting Komentar untuk "Ely Vebriyanti, Sidang Promosi Terbuka Program Doktor"