Kolaborasi Keren Aksi Pelestarian Sungai Cileungsi - Cikeas Lintas Komunitas


SUARABERITAINDONESIA.COM

BOGOR -- Gereja Katolik Maria Bunda Segala Bangsa Kota Wisata bersama Komunitas Peduli Sungai Cileungsi Cikeas (KP2C) menggelar kegiatan bakti sosial pelestarian Sungai Cileungsi-Cikeas di Dermaga 6, Vila Nusa Indah 3, Desa Bojongkulur, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Sabtu (18/3/2023).

Perhelatan ini merupakan bagian dari kalender kegiatan Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) dan Panitia Paskah Gereja Katolik Maria Bunda Segala Bangsa Kota Wisata tahun 2023. 

Romo Paroki Maria Bunda Segala Bangsa Kota Wisata, RD Bonifasius Heribertus, dalam sambutannya menyambut positif kegiatan bakti sosial ini, sebagai wujud kepedulian gereja dan umat manusia dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. 

Romo Boni berharap kegiatan pelestarian sungai dan lingkungan hidup menjadi kepedulian seluruh umat manusia, sehingga   tata kelola lingkungan hidup, khususnya sungai, semakin  bertumbuh danberkembang.

Ambar Retnowati, Ketua TP PKK, yang hadir mewakili Kepala Desa Bojongkulur menilai kegiatan seperti ini sebagai wujud kepedulian umat terhadap lingkungan hidup merupakan salah satu bagian yang diperintahkan Tuhan melalui para Nabi. 

Karenanya, lanjut Ambar,  semua pihak harus mendorong terwujudnya lingkungan yang asri, sehingga layak huni bagi segala mahluk ciptaan Tuhan YME.

Ambar menambahkan ;  "Sebagai desa tuan rumah lokasi acara sangat mendukung kegiatan pelestarian sungai ini. Kami berharap kegiatan ini bisa dilanjutkan dengan program-program lainnya yang bermanfaat buat masyarakat". 

Puarman, Ketua KP2C, dalam sambutannya memaparkan sekelumit peran dan tugas KP2C dalam pelaksanaan 'early warning system' (sistem peringatan dini) Tinggi Muka Air (TMA) di hulu sungai dan upaya-upaya pelestarian sungai. Termasuk tentang mitigasi bencana. 

Terkait pelaksanaan kegiatan, Puarman menjelaskan, bahwa kegiatan ini meliputi 

penanaman pohon, bebersih sungai Cikeas melalui perahu, tabur benih ikan, dan penyerahan bantuan untuk operasional KP2C dan pemberian bingkisan kepada 10 petugas pemantau TMA hulu sungai KP2C.

Antusias anggota komunitas yang hadir dalam kegiatan tersebut patut di acungi jempol, meski di tengah debit sungai Cikeas yang sedang naik sejak Sabtu dini hari, tidak mengurangi semangat mensukseskan acara pelestarian lingkungan tersebut.

( Read One /Red.)

Posting Komentar untuk "Kolaborasi Keren Aksi Pelestarian Sungai Cileungsi - Cikeas Lintas Komunitas"