Reses Diisi Sosialisasi Normalisasi Sungai Cileungsi dan Cikeas

 


SUARABERITAINDONESIA.COM

BOGOR - Mulyadi, anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Gerindra mengadakan kunjungan di Desa Bojongkulur, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor (Jawa Barat), Rabu (1/3/2023).

Sebagai anggota dewan yang gigih memperjuangkan normalisasi Sungai Cileungsi dan Sungai Cikeas, Mulyadi memaparkan tentang awal mulanya dia concern terhadap upaya tersebut. 

Dia mengatakan masyarakat korban banjir pernah menemuinya untuk meminta dukungan agar program normalisasi Sungai Cileungsi dan Sungai Cikeas segera diwujudkan pemerintah.

Menindaklanjuti keinginan masyarakat itu, Mulyadi kemudian mengundang Kepala Desa Bojongkulur, Firman Riansyah, dan Ketua Komunitas Peduli Sungai Cileungsi Cikeas (KP2C), Puarman, untuk melakukan audiensi dengan Komisi V DPR RI. 

Mereka diminta  menyampaikan permintaan masyarakat korban banjir akibat meluapnya Sungai Cileungsi dan Sungai Cikeas.

Untuk memastikan program normalisasi tersebut berjalan sesuai tahapan, Mulyadi menginisiasi kunjungan spesifik 13 anggota Komisi V DPR RI pada Kamis (9/2/2023) lalu.  

Mereka didampingi pejabat dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Termasuk ikut hadir Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Ir.R.R.Bambang Heri Mulyono, M.Si. Juga turut mendampingi perwakilan dari Pemda Kabupaten Bogor.

Atas upaya tersebut, mulai 1 Maret 2023 hingga Juli 2023 dilaksanakan tahapan normalisasi berupa Studi LARAP (Land Acquisition and Resetlement Action Plan).

LARAP pada intinya adalah  sebuah kegiatan   kajian terhadap dampak sosial ekonomi dalam rangka penyiapan lahan yang dilakukan Kementerian PUPR. Penyiapan lahan itu sendiri merupakan kewajiban pemerintah daerah.

Di sela-sela kunjungan di masa reses anggota DPR RI itu, tokoh Desa Bojongkulur Ambar Retnowati menyampaikan tekadnya akan memperjuangkan anggaran penyiapan lahan yang menjadi kewajiban Pemda Kabupaten Bogor.

Dalam pertemuan itu, Mulyadi juga memberikan bantuan untuk KP2C. Bantuan ini nantinya dialokasikan untuk perbaikan CCTV yang rusak dan juga operasional.

Sementara Ketua KP2C Puarman memberikan Peta Sungai Cileungsi dan Sungai Cikeas sebagai simbol adanya dukungan Komisi V  DPR RI terhadap program percepatan normalisasi Sungai Cileungsi dan Sungai Cikeas.

Read One/ Red.)

Sumber : Rilis KP2C

Posting Komentar untuk "Reses Diisi Sosialisasi Normalisasi Sungai Cileungsi dan Cikeas"