Desa Warung Menteng, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor

 


SUARABERITAINDONESIA.COM

BOGOR - Kelompok 13 Kuliah Kerja Nyata-Tematik (KKN-T) Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Djuanda Desa Warung Menteng melakukan pelatihan digital marketing (Minggu , 6/08/2023) kepada para pelaku UMKM yang rata-rata mempunyai produk olahan berbahan dasar buah pala

Dalam pelatihan tersebut, kelompok tim yang beranggotakan Muhamad Fadhil, Selina Aryadisti, Ghina Amalia, Tania Kauthar Nurjihan, Nabila Fadyal Bahri, Kadevin Dwi Zulfikar, Atiyyatul Maula, dan M. Attahariq Rifqi mengundang pemateri yang berlatar belakang seorang wirausaha muda yang telah berhasil merintis usahanya selama 3 tahun kebelakang untuk menyampaikan materi pengembangan UMKM berbasis  digital


Ketua tim kelompok, Fadil, mengatakan orientasi dari kegiatan ini bertujuan untuk pengembangan usaha yang terfokus pada dua aspek. Yang pertama aspek penjualan dan aspek inovasi produk.

"kami mengadakan program tersebut yang pastinya untuk pengembangan UMKM dan produk yang ditawarkan. Ada dua aspek yang menjadi fokus kami dalam program tersebut, yang pertama aspek pemasaran, dan yang kedua aspek inovasi produk," ucap Fadil.

“alhamdulillah, kegiatan yang kami laksanakan berjalan dengan lancer. Kami berharap output dari program tersebut dapat memberikan dampak signifikan dalam perkembangan UMKM yang berada di Desa Warung Menteng,” ujarnya.

Setelah program tersebut terlaksana, kami melakukan evaluasi terkait program kerja tersebut agar output yang diberikan dapat benar-benar memberikan manfaat yang berkelanjutan. Juga kami berbincang dengan salah satu pelaku usaha untuk mengetahui apa yang memang menjadi kesulitan dalam pengimplementasian materi yang telah didapat.

“kami bersama tim mencoba mengevaluasi kembali terkait kejelasan dan pemahaman mereka (para pelaku UMKM) terhadap materi yang telah diberikan, juga apa yang menjadi permasalahan ataupun kendala-kendala yang terjadi selama para pelaku UMKM menjalankan usahanya,” tuturnya.

Sementara itu, Ahmad Zaki selaku salah satu pelaku UMKM di Desa Warung Menteng mengatakan bahwa dengan adanya program pelatihan digital marketing tersebut dapat amat sangat membantu para pelaku UMKM dalam memasarkan produk dan melakukan inovasi pada produk yang ditawarkan sehingga berdampak positif pada UMKM yang berada di Desa Warung Menteng.

"Saya sangat berterimakasih kepada tim kelompok 13 KKN-T Faklutas Ekonomi Universitas Djuanda, karena dengan adanya program pelatihan digital marketing tersebut sangat membantu kami dalam proses penjualan dan promosi serta  dalam melakukan inovasi baru pada produk usaha kami" tutur Ahmad Zaki selaku salah satu pemilik UMKM Pala.

Sebagai penutup kegiatan pelatihan digital marketing dilakukan sesi dokumentasi dan diskusi lebih lanjut untuk menentukan langkah selanjutnya yang akan dilakukan sebagai upaya peningkatan peluang keberhasilan usaha pada UMKM Desa Warung Menteng.( Achmad H)

Posting Komentar untuk "Desa Warung Menteng, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor "