Kades Bersama Babinsa Pandan Sejahtera Geragai Tanjab Timur Gandeng Perusahaan dan Masyarakat Cegah Karhutla

SUARABERITAINDONESIA.COM

JAMBI - Tanjab Timur - Kepala Desa Pandan Sejahtera Kecamatan Geragai, bersama dengan Babinsa (Bintara Pembina Desa) Perwakilan Masyarakat Peduli Api (MPA) gandeng perusahaan perkebunan kelapa sawit dan masyarakat  guna cegah kebakaran lahan dan kebun. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi menghadapi musim kemarau yang sudah mulai terasa.(20/7/2024)

Acara diselenggarakan pada Sabtu 20 Juli 2024, bertempat di kantor Masyarakat Peduli Api (MPA) Desa Pandan Sejahtera Kecamatan Geragai Tanjab Timur.


Kepala Desa Pandan Sejahtera, Purwadi, menekankan pentingnya kesadaran bersama dalam menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah kebakaran yang dapat merugikan banyak pihak. 

"Kami mengajak seluruh masyarakat, terutama para petani dan pemilik kebun dan perusahaan untuk tidak membakar lahan dalam rangka membersihkan lahan pertanian atau perkebunan. Kegiatan ini dapat berisiko menyebabkan kebakaran besar yang sulit dikendalikan," ujarnya dengan tegas.

Selain itu. Babinsa, Serka Iwan Nadi juga turut memberikan edukasi kepada masyarakat tentang teknik pengelolaan lahan yang aman dan ramah lingkungan. Mereka juga siap membantu dalam pemadaman jika terjadi kebakaran serta melakukan patroli secara berkala untuk memantau potensi titik api.

Sementara itu, perwakilan dari Masyarakat Peduli Api (MPA) Desa Pandan Sejahtera Suwarno yang terlibat dalam inisiatif ini menegaskan komitmennya untuk aktif berkolaborasi dengan pemerintah desa, instansi terkait serta perusahaan perkebunan guna menjaga keamanan wilayah dari ancaman kebakaran.

Ditambahkan Suwarno, MPA yang ketuainya juga sudah lama terjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan perkebunan dalam rangka pencegahan karhutla melalui MPA, baik dengan PT. Indonusa Agromulia maupun dengan PT. HHN yang beroperasi di wilayah Desa Pandan Sejahtera Kecamatan Geragai Tanjab Timur.

"Hari ini, Sabtu 20 Juli 2024 kami melakukan pertemuan dengan pihak PT. Indonusa Agromulia dalam rangka kerjasama pencegahan kebakaran Insya Allah pada Senin tanggal 22 Juli 2024 tim MPA sudah aktif melakukan patroli api di PT. Indonusa Agromulia"  tuturnya.

Upaya kolaboratif antara pemerintah desa, TNI melalui Babinsa, dan inisiatif masyarakat ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang aman dari kebakaran serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian lingkungan. Semua pihak diajak untuk bersama-sama turut serta dalam menjaga kelestarian alam demi kesejahteraan bersama.

Tampak dalam pertemuan tersebut Kades Pandan Sejahtera, Babinsa Pandan Sejahtera, Ketua MPA dan perwakilan perusahaan.

(MH / Red.)

Posting Komentar untuk "Kades Bersama Babinsa Pandan Sejahtera Geragai Tanjab Timur Gandeng Perusahaan dan Masyarakat Cegah Karhutla"