KP2C Bersama Universitas Indonesia Gelar Eduwisata Sungai Cikeas


SUARABERITAINDONESIA.COM

BOGOR - Komunitas Peduli Sungai Cileungsi Cikeas (KP2C) bersama Universitas Indonesia menggelar kegiatan PRODUTA CIKEAS (Program Eduwisata Sungai Cikeas) di bantaran sungai Cikeas yang merupakan perbatasan Kota Bekasi dengan Kabupaten Bogor.

Acara yang digelar Sabtu 20 Juli 2024 ini dalam rangka pemberdayaan masyarakat dibidang lingkungan hidup oleh Departemen Geografi dan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Indonesia yang dipimpin oleh Dr. rer. nat. Eko Kusratmoko, MS.

Peserta yang terdiri dari remaja berpendidikan SMP/SMA antusias mengikuti program edukasi tentang ekosistem sungai serta simulasi cara pengukuran kualitas air Sungai Cikeas.


Mereka diajarkan praktik pengukuran parameter air FISIKA, KIMIA dan BIOLOGI sungai Cikeas.

Puarman yang merupakan Ketua KP2C dan juga Ketua Desa Wisata Bojongkulur  memberikan apresiasi untuk acara ini karena menambah pengalaman baru bagi para remaja dalam mengenal ekosistem sungai, karakteristik sungai serta menikmati keindahan sungai cikeas nan asri.

"Acara ini sejalan dengan program Desa Wisata Bojongkulur mengajak masyarakat mengenal ekologi sungai, pengenalan arus air, komponen yang ada di sungai, lingkungan sekitar sungai serta badan sungai Cikeas" ujar Puarman usai acara  di Dermaga6 Vila Nusa Indah 3, Desa Bojongkulur, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

Acara diselingi dengan tabur benih ikan dari Dinas Perikanan Kabupaten Bogor di sungai Cikeas sebagai indikator sungai Cikeas itu sehat.

FMIPA UI juga menyerahkan papan duga air (Peilschaal) kepada KP2C sebagai alat pemantauan Tinggi Muka Air (TMA) sungai Cikeas. ( Read One)

Posting Komentar untuk "KP2C Bersama Universitas Indonesia Gelar Eduwisata Sungai Cikeas"