Budidaya Cabai Keriting Dan Cabai Hijau Di Kecamatan Ciomas Sangat Menjanjikan.


SUARABERITAINDONESIA.COM

BOGOR - Kampung duren terletak di desa Ciomas, kecamatan Ciomas kabupaten Bogor Jawa Barat pada hari Minggu 1 September tahun 2024. Menjadi saksi tentang keberhasilan petani cabai keriting cabai hijau juga tomat dengan lahan kurang lebih seluas 9000 meter persegi  di manfaatkan oleh bapak Nana untuk menjadi lahan pertanian dengan  menanam cabai keriting,  cabai hijau juga tomat  dan bisa menghasilkan ratusan kilo gram  untuk memenuhi  kebutuhan pasar pasar yang berada di Bogor bahkan luar Bogor seperti jakarta, Bekasi dan daerah lainnya.


Saat awak mendia mendatangi tempat tersebut bapak Nana pengelola pertanian tersebut menjelaskan,"  Cabai merah keriting masih menjadi cabai populer dikalangan petani setelah cabai rawit merah. Tidak asing dari berbagai daerah masih banyak yang membudidayakannya. 

Potensi yang dihasilkan pun dapat menghasilkan panen yang melimpah, apabila kita mengetahui kiat budidayanya dengan tepat dan benar meliputi pemupukan yang berimbang, pengendalian hama dan penyakit secara bijak, perlakuan selektif dari cekaman musim, baik itu musim kemarau maupun hujan dan perawatan tepat ketika dibudidayakan dilahan pertanian.

Singkat cerita, setelah melakukan wawancara dengan pengelola  langsung, beliau menerangkan bahwa lahan yang sekarang ini digunakan untuk budidaya tanaman cabai merah keriting  lahan seluas kurang lebih 9000 meter persegi bisa menghasilkan ratusan kilo gram cabai siap konsumsi .

Lahan yang beliau gunakan tepatnya berada di kampung  duren Desa Ciomas , kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor dengan ketinggian daerah 530 MDPL. Termasuk kedalam dataran rendah, apalagi musimnya bertepatan musim kemarau ditambah lagi lahan beliau berada di daerah yang endemik serangan virus. Beliau  menambahkan Alhamdulillah dari awal penanaman sampai panen saat ini, semua penyakit atau Hama tanaman cabai bisa diatasi dengan baik," pungkasnya.( Achmad Hidayat)


Sumber Rilis : Herman jampang 

Posting Komentar untuk "Budidaya Cabai Keriting Dan Cabai Hijau Di Kecamatan Ciomas Sangat Menjanjikan."